Tuesday, June 18, 2013

PAMERANN

Pameran

Pameran berasal dari kata “pamer” yang artinya menunjukkan sesuatu yang dimiliki kepada orang lain dengan maksud memperlihatkan. Pameran adalah suatu kegiatan penyajian karya seni rupa untuk dikomunikasikan sehingga dapat diapresiasi oleh masyarakat luas. Pameran merupakan suatu bentuk dalam usaha jasa pertemuan. Yang mempertemukan antara produsen dan pembeli namun pengertian pameran lebih jauh adalah suatu kegiatan promosi yang dilakukan oleh suatu produsen, kelompok, organisasi, perkumpulan tertentu dalam bentuk menampilkan display produk kepada calon relasi atau pembeli, (Wikipedia, 2013).
Fungsi dari ruang pameran adalah sebagai tempat untuk mengadakan
pertunjukan atau memamerkan suatu barang dan jasa dengan tujuan mempromosikan dan memberikan informasi tentang produk tersebut, sehingga orang lain menjadi tertarik dan menggunakannya.
Sarana bagi pengusaha untuk mempromosikan barang hasil produksi kepada konsumen. Sarana informasi akurat yang mudah diakses oleh konsumen mengenai suatu obyek yang sedang dipamerkan.Sarana untuk menambah fasilitas hiburan bagi masyarakat.

3.4.1 Jenis Pameran
Jenis pameran dapat ditinjau berdasarkan jenis-jenisnya : ,(Hasbi Gunawan )
a. Barang yang dipamerkan :
1. General Exhibition yaitu kegiatan pameran yang memamerkan berbagai barang dalam waktu yang bersamaan.
2. Solo Exhibition yaitu kegiatan pameran yang hanya memamerkan satu atau beberapa jenis barang dari suatu perusahaan saja.
3. Specialized Exhibition yaitu kegiatan pameran yang hanya memamerkan satu jenis barang dan diikuti oleh beberapa perusahaan.

b. Menurut skala pelayanannya, terbagi menjadi :
1. Skala Internasional penyelenggaraan pameran ini strategis untuk komunikasi internasional serta memiliki sarana dan prasarana yang lengkap.
2. Skala Nasional Strategis untuk komunikasi nasional dan memiliki sarana serta prasarana dengan mempertimbangkan kemungkinan keikutsertaan negara asing.
3. Skala Regional penyelenggaraan pameran ini biasanya mempunyai ciri kedaerahan.

c. Menurut transaksi penjualan produk, dibedakan menjadi :
1. Pameran Konvensional; yaitu kegiatan yang memperjual belikan produk yang dipamerkan secara langsung dan dapat langsung dibawa oleh pembeli.
2. Pameran Modern (pameran murni); yaitu pameran yang tidak memperjual belikan produk yang dipamerkan secara langsung, jadi transaksi hanya melalui pesanan atas barang yang dipamerkan.

d.Menurut lama penyelenggaraan, dapat dibedakan menjadi :
1. Pameran temporer yaitu kegiatan pameran yang penyelenggaraannya sewaktu-waktu, tidak kontinyu tiap tahunnya. Waktu penyelenggaraan biasanya disesuaikandengan peringatan-peringatan tertentu seperti hari besar nasional atau tema yang diciptakan oleh pihak penyelenggara.
2. Pameran berkala yaitu pameran yang penyelenggaraannya berkala setiap tahunnya dan biasanya dilaksanakan selama satu mingu setiap tahun atau setiap tiga bulan sekali.
3. Pameran tetap yaitu pameran yang sifatnya tetap berupa showroom. Pameran seperti ini menyewa ruang sepanjang tahun dan lebih didasarkan pada keinginan  meningkatkan promosi perdagangan dan industri.

e. Menurut bentuk display, dibedakan menjadi :
1. Display produk biasanya dilakukan oleh para produsen tunggal permanen di suatu tempat dengan tujuan mempromosikan produk, biasanya berupa contoh produk berskala kecil (miniatur) dalam suatu ruang pamer.
2. Display per stan beberapa pengusaha kecil yang memproduksi barang sejenis/produkproduk yang masih berkaitan, di antaranya memamerkan produknya dalam stan-stan yang disediakan oleh penyelenggara pameran.
3. Trade show yaitu kegiatan pameran yang dilaksanakan untuk tujuan dagang murni. Biasanya dilakukan oleh suatu asosiasi dan punya sasaran pengunjung khusus. Kegiatannya diselenggarakan di pusat-pusat konvensi/gedung serbaguna dan penyelenggaranya diikuti dengan kegiatan konvensi.
4. Pameran konsumen merupakan suatu pekan raya besar-besaran yang diselenggarakan dalam suatu kompleks area pameran. Dalam keadaan tertentu, pameran jenis ini merupakan penggabungan dari dua atau lebih jenis pameran di atas.
f. Menurut setting, ada dua jenis pameran yaitu :
1. Pameran diruang terbuka (open air exhibition); Settingnya seringkali tidak diencanakan, dan suasana pameran sangat dipengaruhi lingkungan/setting walaupun dapat juga dibuat kontras, tanpa memasukkan unsur alam sekitarnya.

2. Pameran dalam ruang (indoor exhibition), : Permanen, yaitu jenis pameran dengan rentang waktu pelaksanaan yang lama.

1 comment:

  1. boleh tau, ini dapat data nya dari mana? soalnya lagi cari buku tentang pameran.. makasiii

    ReplyDelete