Pameran
Pameran berasal dari
kata “pamer” yang artinya menunjukkan sesuatu yang dimiliki kepada orang lain
dengan maksud memperlihatkan. Pameran adalah suatu kegiatan penyajian karya
seni rupa untuk dikomunikasikan sehingga dapat diapresiasi oleh masyarakat
luas. Pameran merupakan suatu bentuk dalam usaha jasa pertemuan. Yang
mempertemukan antara produsen dan pembeli namun pengertian pameran lebih jauh
adalah suatu kegiatan promosi yang dilakukan oleh suatu produsen, kelompok,
organisasi, perkumpulan tertentu dalam bentuk menampilkan display produk kepada calon relasi atau pembeli.
Fungsi dari ruang
pameran adalah sebagai tempat untuk mengadakan
pertunjukan atau memamerkan suatu barang
dan jasa dengan tujuan mempromosikan dan memberikan informasi tentang produk
tersebut, sehingga orang lain menjadi tertarik dan menggunakannya.
Sarana
bagi pengusaha untuk mempromosikan barang hasil produksi kepada konsumen.
Sarana informasi akurat yang mudah diakses oleh konsumen mengenai suatu obyek
yang sedang dipamerkan.Sarana untuk menambah fasilitas hiburan bagi masyarakat.
3.4.1
Jenis Pameran
Jenis
pameran dapat ditinjau berdasarkan jenis-jenisnya : ,(Hasbi Gunawan )
a. Barang yang dipamerkan :
1. General Exhibition yaitu kegiatan pameran yang
memamerkan berbagai barang dalam waktu yang bersamaan.
2. Solo Exhibition yaitu kegiatan pameran yang hanya
memamerkan satu atau beberapa jenis barang dari suatu perusahaan saja.
3. Specialized Exhibition yaitu kegiatan pameran
yang hanya memamerkan satu jenis barang dan diikuti oleh beberapa perusahaan.
b. Menurut skala pelayanannya, terbagi
menjadi :
1. Skala Internasional penyelenggaraan pameran ini
strategis untuk komunikasi internasional serta memiliki sarana dan prasarana
yang lengkap.
2. Skala Nasional Strategis untuk komunikasi
nasional dan memiliki sarana serta prasarana dengan mempertimbangkan kemungkinan
keikutsertaan negara asing.
3. Skala Regional penyelenggaraan pameran ini
biasanya mempunyai ciri kedaerahan.
c. Menurut transaksi penjualan produk,
dibedakan menjadi :
1. Pameran Konvensional; yaitu kegiatan yang
memperjual belikan produk yang dipamerkan secara langsung dan dapat langsung
dibawa oleh pembeli.
2. Pameran Modern (pameran murni); yaitu pameran
yang tidak memperjual belikan produk yang dipamerkan secara langsung, jadi
transaksi hanya melalui pesanan atas barang yang dipamerkan.
d.Menurut lama penyelenggaraan, dapat
dibedakan menjadi :
1.
Pameran temporer yaitu kegiatan pameran yang penyelenggaraannya sewaktu-waktu,
tidak kontinyu tiap tahunnya. Waktu penyelenggaraan biasanya disesuaikandengan
peringatan-peringatan tertentu seperti hari besar nasional atau tema yang
diciptakan oleh pihak penyelenggara.
2. Pameran berkala yaitu pameran yang
penyelenggaraannya berkala setiap tahunnya dan biasanya dilaksanakan selama
satu mingu setiap tahun atau setiap tiga bulan sekali.
3. Pameran tetap yaitu pameran yang sifatnya tetap
berupa showroom. Pameran seperti ini menyewa ruang sepanjang tahun dan lebih
didasarkan pada keinginan meningkatkan
promosi perdagangan dan industri.
e. Menurut bentuk display, dibedakan menjadi :
1. Display
produk biasanya dilakukan oleh para produsen tunggal permanen di suatu tempat
dengan tujuan mempromosikan produk, biasanya berupa contoh produk berskala
kecil (miniatur) dalam suatu ruang pamer.
2. Display
per stan beberapa pengusaha kecil yang memproduksi barang sejenis/produkproduk
yang masih berkaitan, di antaranya memamerkan produknya dalam stan-stan yang
disediakan oleh penyelenggara pameran.
3. Trade show
yaitu kegiatan pameran yang dilaksanakan untuk tujuan dagang murni. Biasanya
dilakukan oleh suatu asosiasi dan punya sasaran pengunjung khusus. Kegiatannya
diselenggarakan di pusat-pusat konvensi/gedung serbaguna dan penyelenggaranya
diikuti dengan kegiatan konvensi.
4. Pameran konsumen merupakan suatu pekan raya
besar-besaran yang diselenggarakan dalam suatu kompleks area pameran. Dalam
keadaan tertentu, pameran jenis ini merupakan penggabungan dari dua atau lebih
jenis pameran di atas.
f. Menurut setting, ada dua jenis
pameran yaitu :
1. Pameran diruang terbuka (open air exhibition); Settingnya seringkali tidak diencanakan, dan
suasana pameran sangat dipengaruhi lingkungan/setting walaupun dapat juga
dibuat kontras, tanpa memasukkan unsur alam sekitarnya.
2. Pameran dalam ruang (indoor exhibition), : Permanen, yaitu
jenis pameran dengan rentang waktu pelaksanaan yang lama.
No comments:
Post a Comment